Seni dan Bingkai Apresiasi

” Seni dan Bingkai Apresiasi ”

seni rupa

Cak Rastiko

Seni sangat universal dalam tafsir dan pemahaman tiap individu, sesuai dengan sudut pandang dan tingkat pemahaman serta wawasan apresiatornya.
Berbicara seni untuk seni, tidaklah akan menemukan titik yg sama. Karna kita akan terjebak dlm tafsir-tafsir dan batasan yang relatif rumit bagi kita terutama bagi masyarakat awam seni, namun sekaligus penikmat seni.
Terkadang kita perlu memberikan bingkai khusus dalam tanda kutip saat menyajikan sebuah karya atau sebuah proses berkesenian pada publik secara umum. Pembahasan pada konsep-konsep yang dalam perlu kita kurangi koposisinya, agar publik awam lbh mudah dalam mengapresiasi dan menikmatinya. .
Adakalanya publik lebih menyukai karya atau proses kekaryaan kita yang sederhana, dan mudah mereka terima sesuai kebutuhan dan tingkat wawasan seni mereka dalam kurun waktu tertentu. Inilah yg bisa dijadikan bagian dari proses komunikasi bertahap karya seni pada publik yg kita harapkan sebagi pelaku seni.



Ada sebuah proses kreasi dan sekaligus sebuah proses apresiasi yang Natural mendekati ideal antara 2 pihak.
Sekali lagi, pelaku seni butuh pengenalan pada audiens atau calon penikmat karya seninya. Mungkin ini bisa jadi istilah ” Bingkai ” tersebut dalam sebuah komunikasi antara pelaku seni dan penikmat seni. Agar apresiasi publik lebih baik dan bijaksana pada karya-karya seni yang ada maupun pada proses berkesenian itu sendiri.
Publik butuh sebuah komunikasi , dan tugas pelaku seni bisa mengkomuniksikannya secara baik.
Salam Seni. (Rastiko)

Facebook Comments